cari

Mengoperasikan Komputer dari Jauh / Remote

Mengendalikan komputer dari jarak jauh

Keisengan ini muncul saat saya masih nganggur, sering kelayapan di warnet terus baca di internet bahwa windows XP oleh Microsoft dibundled dengan VPN (Virtual
Private Network) yang bisa digunakan untuk mengoperasikan komputer secara “remote” atau jarak jauh, sehingga user dapat mengoperasikan komputer di kantor
dari rumahnya. Timbul pertanyaan “apa mungkin bisa digunakan untuk me-Remote komputer warnet dari rumah, toh juga pake windows XP”. Kebetulan dirumah temen
ada komputer plus internetnya.

Hari berikutnya saya datang ke warnet tujuan, sebelumnya saya sudah tulis IP Address jaringan komputer di rumah teman. Masuk kebilik yang agak jauhan dari
meja operator, karena biasanya di warnet komputernya diinstall Deepfreeze saya matikan dulu deepfreeze-nya, setelah itu matikan Aplikasi Radmin untuk jaga-jaga
kalo operator ngintip dari komputernya. Setelah itu setting VPN dikomputer client dengan cara membuat koneksi baru, saya sempat bingung karena akses ke
Cpanel Windows XP diblok oleh admin kemudian baru ingat kalo untuk membuat koneksi baru dapat dilakukan lewat Klik pada tombol Start Windows terus ke All
Programs–>Communications–>Network Connection, baru kemudian setting VPN. Setelah selesai setting VPN saya kembalikan lagi settingan Deepfreeze dan Radmin-nya,
restart komputer kemudian pulang.

Di rumah sudah udah nggak sabar buat nyoba apa berhasil settingan VPN yang saya buat tadi malem. Saya datengin lagi Warnetnya ngetest apa komputer yang
saya setting VPN dipakai atau nggak, pura-pura tanya ke operator ada bilik yang kosong nggak, ternyata cuman ada yang kosong satu, dan itu bukan bilik
yang tadi malem jadi pasti ada yg pake, langsung kerumah temen pinjem komputernya, saya setting VPN dan waow… ternyata berhasil, saya bisa mengoperasikan
komputer di warnet dari sini, saya cuman liatin aja apa yg dilakukan user seperti buka Friendster (jaman dulu lagi ngetrend, belum ada FB) Chatting di
YM.  Selama beberapa hari saya masih bisa melakukan Remote komputer warnet tersebut dari rumah teman sampai akhirnya, semua komputer di warnet diganti
dengan yang baru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar